Kategori
Berita Kurikulum

MA Assalafiyyah Adakan Workshop Penulisan Soal HOTS

Dalam rangka meningkatkan pemahaman guru tentang penyusunan soal dan melatih keterampilan guru untuk menyusun soal, MA Assalafiyyah Mlangi Sleman menyelenggarakan workshop pengimbasan penyusunan soal HOTS (High Order Thinking Skill), pada Sabtu 13 Maret 2021 di Gedung Sayap Utara MA Assalafiyyah Mlangi. Workshop diikuti oleh seluruh guru MA Assalafiyyah Mlangi Sleman, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Narasumber kegiatan adalah ibu Nur Widayati, S.Pd, M.Sc, Tim Narasumber HOTS Kemenag Sleman yang juga Staff pengajar senior di MAN 2 Sleman.

HOTS 2
Para peserta Antusias mengikuti jalannya Workshop

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala MA Assalafiyyah Mlangi Sleman, bapak Alif Jum’an. Dalam sambutannya, Alif menyampaikan bahwa memasuki era 4.0 kita dihadapkan pada perubahan teknologi yang sangat pesat, banyak pekerjaan yang dilakukan manusia digantikan komputer dan robot. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul, salah satunya dengan membentuk karakter siswa yang pandai menganalisis, berkreasi dan menciptakan hal yang baru. Hal itu dapat dicapai dengan membiasakan anak – anak menyelesaikan soal HOTS. Workshop ini juga dilaksanakan sebagai persiapan pembuatan soal UMAD yang berstandar Nasional, karena mulai tahun ajaran ini, masing-masing madrasah berhak membuat soal UMAD secara mandiri, yang nanti menjadi penentu kelulusan peserta didik.

Ibu Nur Widayati selaku nara sumber dalam kegiatan ini menjelaskan mengenai konsep soal HOTS dan langkah penyusunan soal HOTS. Materi dipaparkan dengan sangat jelas sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. “Soal HOTS bukan soal yang sulit namun mengajak siswa untuk menalar pada sebuah materi yang kita berikan. Penyusunan soal diawali dari RPP – Proses – Penilaian, ketiganya harus HOTS dengan ranah kognitif (C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan/mengaplikasi, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi, dan C6 mencipta)”, jelas Nur.

HOTS 3
Narasumber dan peserta berfoto bersama pasca kegiatan Workshop

Setelah pemaparan materi, peserta kegiatan diberi kesempatan untuk membuat soal HOTS secara mandiri dengan didampingi oleh narasumber. Nampak peserta begitu antusias mengerjakan tugas dari narasumber. Di akhir kegiatan, perwakilan peserta dari setiap mata pelajaran mempresentasikan hasil penyusunan soalnya, dan dikritisi oleh narasumber dan peserta yang lain. (alf)